Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Targetkan Turun 14% Tahun Ini, Jokowi: Stunting Masih Menjadi PR yang Harus Diselesaikan

Raka Dwi Novianto, Jurnalis · Rabu 25 Januari 2023 10:29 WIB
https: img.vklogger.com content 2023 01 25 620 2752526 targetkan-turun-14-tahun-ini-jokowi-stunting-masih-menjadi-pr-yang-harus-diselesaikan-L9InDkb1EU.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Ant)

JAKARTA - Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menjadi kunci untuk dapat bersaing bangsa Indonesia dengan negara lain. Namun, stunting masih menjadi pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan.

"Artinya SDM unggul itu menjadi kunci daya saing bangsa. Dan stunting di negara kita menjad PR sangat besar yang harus segera diselesaikan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada Rakernas BKKBN, di Kantor BKKBN, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Dia bercerita, saat awal menjabat sebagai presiden pada 2014, dirinya kaget dengan angka stunting di Indonesia mencapai 37 persen. Namun, dirinya meyakini pada tahun 2024 angka stunting akan turun hingga 14 persen.

"Sudah disampaikan oleh pak menkes di 2022 angkanya sudah turun menjadi 21,6% jni kerja keras kita semuanya," kata dia.

"Oleh sebab itu target yang saya sampaikan 14% di tahun 2024 harus kita bisa capai. Saya yakin dengan kekuatan kita bersama semuanya bergerak angka itu bukan angka yang sulit untuk dicapai asal semuanya bekerja bersama-sama," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dampak stunting, lanjut dia, bukan hanya urusan tinggi badan tetapi yang paling berbahaya adalah keterbelakangan mental dan munculnya penyakit kronis

"Paling berbahaya adalah nanti rendahnya kemampuan anak untuk belajar, keterbelakangan mental dan yang ketiga munculnya penyakit-penyakit kronis yang gampang masuk ke tubuh anak," ungkap dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone