Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! RI-Malaysia Siap Kuasai 88% Pasar Sawit Dunia

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 10 Januari 2023 13:15 WIB
https: img.vklogger.com content 2023 01 10 620 2743464 wow-ri-malaysia-siap-kuasai-88-pasar-sawit-dunia-aTdnN52qUD.jpg Ilustrasi sawit. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia dan Malaysia digadang-gadang akan menguasai 88% industri minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) di pasar dunia.

Kedua negara pun diperkirakan menguasai 32% edible oil dunia.

Penguasaan pasar industri kelapa sawit dunia diwujudkan melalui kemitraan strategis keduanya. Di mana, Holding Perkebunan Nusantara atau PTPN III (Persero) dan Holdings Berhard (FGV) telah menyepakati kerja sama.

"Kerja sama ini berpotensi memperkuat posisi Indonesia dan Malaysia untuk dapat berperan sebagai market-maker dalam bisnis sawit di dunia karena keduanya akan menguasai 88% dari produksi CPO dunia dan 32% dari produksi edible oil dunia," ungkap Direktur Utama PTPN III, Mohammad Abdul Ghani, Selasa (10/1/2023).

 BACA JUGA:RI Sepakati Kerja Sama dengan Malaysia, Ada soal IKN?

Kerja sama kedua entitas meliputi sektor hulu dan hilir komoditi non kelapa sawit, sektor hilir komoditi kelapa sawit, sektor hulu komoditi kelapa sawit di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Lalu, sektor ketahanan pangan nasional, pasar internasional, dan peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM), hingga transfer teknologi.

Holding Perkebunan Nusantara merupakan BUMN yang bergerak di bidang pengelolaan, pengolahan dan pemasaran hasil perkebunan. Komoditi yang diusahakan adalah kelapa sawit, karet, tebu, teh, kopi, kakao, tembakau, aneka kayuan, buah-buahan dan aneka tanaman lainnya.

Total luas areal yang dimiliki perusahaan mencapai 1.181.751,03 hektare (Ha) dengan status pengusahaan lahan sekitar 68 persen sudah bersertifikat, 20 persen sertifikat dalam proses perpanjangan dan 12 persen belum bersertifikat.

Follow Berita Okezone di Google News

Sedangkan total planted area yang dimiliki PTPN III sebesar 817.536 hektare yang terdiri dari komoditi kelapa sawit, karet, teh, tebu, kopi, kakao, tembakau, kayu dan hortikultura. Perseroan juga memiliki areal kebun plasma seluas 457.794 hektare.

Adapun FGV merupakan BUMN asal Malaysia yang juga salah satu produsen sawit terbesar di dunia dan commercial arm dari Federal Land Development Authority (FELDA).

FGV mengelola lahan produksi lebih dari 439,725 ha dan memiliki lebih dari 45.000 pekerja serta telah listed di Bursa Malaysia sejak 2012 yang menjadi IPO terbesar ketiga dunia pada saat itu yang mencapai RM10,4 miliar.

Kegiatan usaha yang menjadi core business FGV diantaranya kelapa sawit (hulu dan hilir), karet (hulu), bio-renewable energy, bisnis gula, dan logistic (transportasi, tangki minyak nabati dan liquid terminal) yang tersebar di banyak negara di benua Amerika, Eropa, hingga Asia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone