Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MA Jadi Korban Penculikan, Menteri Bintang Puspayoga Pastikan Pemenuhan dan Perlindungan Haknya

Binti Mufarida, Jurnalis · Jum'at 06 Januari 2023 08:13 WIB
https: img.vklogger.com content 2023 01 06 620 2741133 ma-jadi-korban-penculikan-menteri-bintang-puspayoga-pastikan-pemenuhan-dan-perlindungan-haknya-QJfm62evVD.jpg Menteri Bintang mengunjungi MA korban penculikan. (Foto: Dok KemenPPPA)

JAKARTA - Pemenuhan dan perlindungan dipastikan didapat anak korban penculikan di Gunung Sahari, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

“KemenPPPA melalui layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) telah memberikan pendampingan sesuai dengan kebutuhan korban. Ke depan, kami akan terus memastikan pemenuhan dan perlindungan hak korban, baik dari sisi hukum maupun kesehatan karena ini bukan hanya menjadi tanggung jawab orang tua dan keluarga, tetapi juga Negara,” tegas Menteri PPPA usai menjenguk korban yang tengah menjalani perawatan di Bhayangkara Kramat Jati Jakarta Timur, Kamis (5/1/2023).

Dia menjelaskan, kasus penculikan anak ini harus menjadi perhatian dan pembelajaran bagi seluruh pihak. Pasalnya, kejadian ini dapat dialami oleh siapa saja. “Jangan sampai kasus serupa dialami oleh anak kita,” kata dia.

Dirinya menekankan pencegahan merupakan kunci utama dalam menuntaskan kasus-kasus perlindungan anak.

“Dalam hal ini, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, kami membutuhkan dukungan dan gerakan bersama dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, lingkungan sekitar, dan utamanya keluarga untuk memberikan edukasi pengasuhan dan menjaga anak-anak kita dari tindakan kejahatan, seperti penculikan yang dialami oleh korban,” tuturnya.

Menteri Bintang mengapresiasi pihak kepolisian atas kinerja yang telah dilakukan, utamanya dalam kasus penculikan tersebut.

“Pihak kepolisian telah bergerak cepat dan teliti hingga pada akhirnya korban ditemukan di gerobak sampah yang digunakan oleh pelaku untuk memulung. Selain itu, kepolisian telah memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dan humanis hingga korban saat ini sudah dalam kondisi sehat dan ceria,” katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri PPPA bermain dan berbincang bersama korban. Menteri PPPA juga menyerahkan bantuan spesifik anak serta memberikan semangat dan dorongan terhadap korban untuk kembali bersekolah.

“Korban telah menjalani visum secara fisik dan psikologis pada 3 Januari lalu. Berdasarkan hasil visum et repertum, ada beberapa luka memar terutama di bagian atas pinggul sebelah kiri. Meskipun tidak ada indikasi kekerasan seksual, tetapi korban dipekerjakan sebagai pemulung, tidak diberi makan, kerap mengalami kekerasan berupa cubitan di sekitar paha, dan sering diancam,” tutur Menteri PPPA.

Pihaknya akan melakukan asesmen lanjutan terhadap korban agar dapat memberikan pelayanan dan pemenuhan hak yang sesuai.

“Selain itu, kami bersama-sama dengan kepolisian dan keluarga akan mengawal proses hukum yang berlaku agar pelaku mendapatkan hukuman setimpal sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ungkap dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone