Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Varian BF.7 Disebut Paling Menular, Tapi Gejalanya Ringan

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 04 Januari 2023 18:59 WIB
https: img.vklogger.com content 2023 01 04 620 2740271 varian-bf-7-disebut-paling-menular-tapi-gejalanya-ringan-vGC6g98W31.jpg Ilustrasi Covid-19. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN Indonesia sudah tidak lagi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tapi bukan berarti virus Covid-19 sudah hilang. Salah satu yang menjadi perhatian yaitu subvarian BF.7, diketahui muncul pertama di Cina, kini sudah masuk di Indonesia.

Ketua Satgas Covid-19 ikatan dokter indonesia (IDI) dr Erlina Burhan, SpP(K) mengatakan, varian BF.7 memiliki sifat yang mudah menular. Tentu ini menjadi perhatian semua pihak, terutama masyarakat yang mobilitasnya tinggi.

Namun, di balik sifatnya yang mudah menular, dr Erlina menyebut BF.7 cenderung lebih ringan gejalanya. "BF.7 samgat mudah menular tapi gejala klinisnya ringan atau tidak bergejala," ujar dr Erlina kepada MNC Portal.

Lebih lanjut dr Erlina mengatakan, subvarian BF.7 merupakan keluarga Omicron. Alias turunan dari varian BA.5, varian yang tengah mendominasi kasus Covid-19 di Indonesia.

Dia pun mengingatkan bahaya bila terinfeksi pada lansia, kemungkinan bisa dirawat di Rumah Sakit. Menurutnya, sejauh ini subvarian BF.7 di Cina marak karena banyak kasus mengenai para lansia.

"Di China, umumnya adalah BF.7 menjadi marak karena menulari lansia. Pada lansia gejalanya berat sehingga perlu perawatan Rumah Sakit," jelas dr Erlina

Sehubungan dengan itu, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan gejala dari BF.7 seperti flu. Sebagaimana diketahui, flu biasa menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin.

Follow Berita Okezone di Google News

Gejala flu bisa termasuk demam, kedinginan, nyeri tubuh, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan kelelahan yang ekstrem. "Iya sama (flu)," jelas dr Nadia dalam keterangannya diterima MNC Portal.

Sekadar https://www.okezone.com//tren/read/2023/01/04/620/2740271/varian-bf-7-disebut-paling-menular-tapi-gejalanya-ringan, jumlah kasus Covid-19 subvarian BF.7 dilaporkan sudah 15 orang, menurut Nadia seluruh kasus hanya melakukan isolasi mandiri (isoman). Bahkan sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Di China, varian BF.7 dan BA.5.2 adalah dua varian yang paling banyak menyerang. Kedua varian tersebut, disebut mendominasi sekitar 80 persen berpeluang masuk ke Indonesia.

Amerika pun juga sedang dihadapi varian PQ.1, XBB dan BQ.1 yang telah mendominasi. Ia mengungkapkan, di Amerika sendiri pada bulan Desember varian yang terbanyak adalah varian BQ.1 dan kemudian PQ.1 dan XB.

Melihat kondisi pandemi di dua negara besar di dunia tersebut. Varian yang mendominasi China saat ini lebih berpeluang masuk dan mendominasi di Indonesia, karena varian BF.7 yang tengah mendominasi di China, sudah masuk ke Indonesia, yang saat ini diungkap Kementerian Kesehatan sudah terdeteksi sebanyak 15 kasus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone