Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dorong Ketersediaan Listrik Papua, Wamendes: Kalau Sudah Ada Mau Bikin Apa Saja Bisa

Ikhsan Permana, Jurnalis · Rabu 04 Januari 2023 11:49 WIB
https: img.vklogger.com content 2023 01 04 620 2739911 dorong-ketersediaan-listrik-papua-wamendes-kalau-sudah-ada-mau-bikin-apa-saja-bisa-wjeIABL64d.JPG Ilustrasi listrik. (Foto: PLN)

JAKARTA - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mendorong pemenuhan kebutuhan listrik di wilayah perbatasan, khususnya Papua.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa listrik menjadi dasar dilaksanakannya banyak program serta memudahkan komunikasi.

Melalui listrik, maka pembangunan desa pun menjadi semakin maksimal dan selesai sesuai targetnya.

"Papua harus menerangi indonesia. Kalau sudah ada listrik bikin apa saja bisa terutama komunikasi. Mau bangun tower kalo enggak ada listriknya gimana," katanya saat audiensi dengan Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto dilansir dari keterangan tertulis, Rabu (4/1/2023).

Menurut catatan PLN, sampai saat ini, sebanyak 90 desa di Papua yang berbatasan dengan Papua Nugini belum teraliri listrik.

Rencananya masalah tersebut akan diselesaikan pada akhir Januari mendatang.

"Kami lapor hari ini untuk mengakhiri 90 desa di Papua yang belum teraliri listrik. Kami akan segera menyelesaikannya," terang Adi

Follow Berita Okezone di Google News

Budi menyebut, rencananya akan ada beberapa Kementerian yang terlibat dalam peresmian di Papua tersebut.

Selain Kemendes PDTT, ada pula Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Sosial.

Sebelumnya, PLN telah melakukan penandatanganan nota kesepakatan dengan TNI untuk mempercepat target Desa Berlistrik khususnya di wilayah Provinsi Papua.

Hal tersebut menjadi penting karena sulitnya medan serta kultur sosial masyarakat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone