Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PPKM Dicabut, Menkes Anjurkan Tetap Pakai Masker agar Tak Kena Varian Baru Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 02 Januari 2023 19:00 WIB
https: img.vklogger.com content 2023 01 02 620 2738875 ppkm-dicabut-menkes-anjurkan-tetap-pakai-masker-agar-tak-kena-varian-baru-covid-19-Hz2KmSDi14.jpg Ilustrasi Covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH akhirnya mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), seiring dengan turunnya angka positid Covid-19 di Indonesia. Keputusan ini juga diambil seiring tingginya angka vaksinasi di Indonesia.

Namun, sejalan dengan dicabutnya aturan PPKM tersebut, ternyata masuk varian baru Covid-19 ke Indonesia. Oleh karena itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menganjurkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker.

"Balik lagi pemakaian masker kita anjurkan untuk di ruangan tertutup, sempit, dan di kerumunan diwajibkan pakai," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin seperti dikutip dari keterangan resminya yang diterima MNC Portal.

Kendati demikian, Budi mengatakan keputusan mengenakan masker dikembalikan lagi ke masyarakat. "Kalau merasa sehat dan berada di ruang terbuka, tidak masalah membuka masker," jelasnya.

Budi menambahkan dalam masa transisi dari Pandemi ke Endemi, intervensi dari pemerintah berkurang, sehingga kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan.

"Jadi kesadaran masyarakat untuk mengukur sendiri di mana dia perlu (memakai masker atau tidak) itu perlu dicatat. Kayak flu kan nggak harus diingatkan pakai payung kalau hujan atau minum obat, enggak, masyarakat sudah tahu sendiri. Level itu yang harus dilatih pelan-pelan," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

“Jadi pakai masker kalau saya melihat kayak gini, saya enggak pakai (ruang terbuka). Tapi kalau tadi saat rapat terbatas dan ada bapak presiden kan kita harus ada presiden, kita pakai,” katanya.

Sementara itu, terkait aturan penggunaan masker di setiap instansi, Menkes Budi pun menyerahkan kepada setiap instansi. “Nah itu kembali masing-masing instansi,” pungkasnya.

Sekadar https://www.okezone.com//tren/read/2023/01/02/620/2738875/ppkm-dicabut-menkes-anjurkan-tetap-pakai-masker-agar-tak-kena-varian-baru-covid-19, berdasarkan data yang diterima, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kasus positif Covid-19 dan angka kematian terus menurun dan terkendali. Hal ini juga berada di bahwa standar WHO.

Jokowi pun berharap dengan pencabutan kebijakan ini, perekonomian di Tahun Baru 2023 bisa lebih bertumbuh dan lebih baik dibandingkan 2022. Dirinya pun berharap ekonomi Indonesia 2023 masih bisa di atas 5%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone