Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libur Nataru, Satgas IDI Ingatkan Tetap Jaga Prokes Agar Covid-19 Tak Meledak

Wiwie Heriyani, Jurnalis · Sabtu 24 Desember 2022 18:21 WIB
https: img.vklogger.com content 2022 12 24 620 2733582 libur-nataru-satgas-idi-ingatkan-tetap-jaga-prokes-agar-covid-19-tak-meledak-7XpoyoxoWb.jpg Ilustrasi Covid-19. (Foto: Freepik)

LIBURAN natal dan tahun (Nataru) memang akan memicu terjadinya kerumunan. Terjadinya kerumunan ini pun dikhawatirkan akan memicu kenaikan angka Covid-19.

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Erlina Burhan, SpP(K) mengingatkan bagaimana penularan virus Covid-19 di tengah kerumunan. Penularan Covid-19 bisa terjadi lewat droplet atau air liur, dan cenderung yang terinfeksi bergejala ringan.

Lebih lanjut, ia mendorong agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) sebagai langkah pencegahan dan perlindungan dari Covid-19. Varian yang ada sekarang pun, ia nilai memang lebih ringan, tapi tidak membuat masyarakat jadi lengah atau abai.

โ€œStatus pandemi masih berlaku, dan demikian juga halnya dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, meski varian baru virus Covid yang ada saat ini tergolong ringan, namun bukan berarti varian lama sudah tidak ada," kata dr Erlina dalam keterangannya, diterima MNC Portal, Sabtu (24/12/2022)

"Oleh karena itu, kami berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan terutama menggunakan masker demi melindungi diri dan orang sekitar terutama saat berada di kerumunan,โ€ tambahnya

Penggunaan masker yang jadi bagian Prokes, menurut Erlina sudah terbukti mencegah penularan. Selain itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat segera melakukan vaksinasi booster, baik bagi yang melakukan perjalanan maupun tidak.

Follow Berita Okezone di Google News

Khususnya, bagi masyarakat risiko tinggi seperti lansia. Apabila mengalami gangguan kesehatan atau bergejala Covid-19, ia sarankan untuk segera melakukan testing Covid-19.

โ€œMenggunakan masker telah terbukti membantu mencegah penularan penyakit yang ditularkan melalui droplet. Meski aktifitas sekitar mulai berjalan normal, namun perilaku menggunakan masker sebaiknya tetap dilakukan terutama saat berada di kerumunan. Bagi masyarakat yang sedang mengalami gejala, tidak dianjurkan untuk bepergian, dan atau segera lakukan tes,โ€ pesan dr Erlina

Sehubungan dengan ini, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian kesehatan (Kemenkes), dr Siti Nadia Tarmizi menerangkan, syarat booster bukan hanya untuk wisata, tapi juga perjalanan dalam dan luar negeri.

Sehingga masyarakat harus segera melakukan vaksinasi booster Covid-19. "Sesuai SE dan merupakan syarat pelaku perjalanan harus sudah boster kalau akan melakukan perjalanan dalam negeri bukan hanya untuk liburan," ujar dr Nadia kepada MNC Portal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone