Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kualitas Air di Jakarta Salah Satu yang Terburuk di Indonesia

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 21 Desember 2022 16:15 WIB
https: img.vklogger.com content 2022 12 21 620 2731596 kualitas-air-di-jakarta-salah-satu-yang-terburuk-di-indonesia-Dw5jeqFdaQ.jpg Ilustrasi Kualitas Air Jakarta. (Foto: Shutterstock)

DALAM penelitian yang dilakukan Fakultas Teknik Lingkungan Sipil (FTSL) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyebut bahwa Jakarta adalah salah satu kota yang memiliki kualitas air buruk. Banyak air di Jakarta pun disebut tercemar dan mengandung Escherichia coli.

Menurut Ir Rofiq Iqb, ST Ahli Air dan Lektor Fakultas Teknik Lingkungan Sipil (FTSL) ITB menyebut, Jakarta merupakan Ibu kota yang padat penduduk, sehingga membuat kualitas air berpeluang tercemar lebih besar. Ditambah, lemahnya hukum dalam pengolahan limbah oleh setiap Industri atau pabrik.

"Sehingga pasti daerah dengan tinggi ataupun padat beban air akan lebih besar. Paling umum air dengan kualitas buruk itu ada di perkotaan termasuk di Jakarta di Surabaya," ungkap Rofiq dalam Media Gathering In Home Experience wit Coway seputar Water Quality Lab di Jakarta.

Kualitas Air

Bakteri yang terdapat dalam air yaitu E-colli ini bersumber dari tinja. Rofiq pun menilai memang Jakarta berpeluang karena tidak ada pengelolaan limbah tersebut.

"Karena memang Indonesia ini penegak hukum itu belum sempurna itu diwajibkan untuk pengolahan dan domestik. Kenapa itu karena memang buang limbah sembarangan, juga jadi E-coli itu dari tinja seharusnya dilakukan pengolahan juga," katanya.

Pasalanya, jarak septic tank memang tidak ideal, mengingat pemukiman yang berdekatan. Padahal, jarak ideal antara pemukiman dengan septic tank kurang lebih 10 meter. "E-coli itu sumbernya dari tinja dari tubuh manusia. Kalau di kota kan rumah sini rumah sini, maka ada teknologi lain selain septic tank, namanya bio filter," jelas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Oleh karena itu, ada baiknya septick tank menggunakan biofilter, sehingga tidak tercemar dengan tinja manusia. "Kalau sepitank kan limbah di situ, kalau bio filter di tanki dikasih penyekat supaya bakteri tumbuh, kalau tanki aja kan bakteri banyak. Kalau bio filter bakterinya sedikit" katanya menambahkan

Sementara itu, untuk daerah yang iar minumnya paling tercemar ialah Kota, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Yang jelas, daerah padat penduduk maka akan membuat kualitas air berpeluang tercemar.

Ditambah, lemahnya hukum dalam pengolahan limbah oleh setiap Industri atau pabrik. "Sehingga pasti daerah dengan tinggi ataupun padat beban air akan lebih besar. Paling umum air dengan kualitas buruk itu ada di perkotaan termasuk di Jakarta di Surabaya, dan lainnya," ungkap Rofiq.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone