Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indeks Kerawanan Pemilu, Petakan Daerah yang Rawan Pelanggaran

Irfan Maulana, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2022 11:12 WIB
https: img.vklogger.com content 2022 12 16 620 2728293 indeks-kerawanan-pemilu-petakan-daerah-yang-rawan-pelanggaran-mYsK6Ks3Ns.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indeks Kerawanan Pemilu diluncurkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Indeks Kerawanan Pemilu ini berfungsi untuk memetakan daerah yang rawan terjadinya pelanggaran Pemilu.

Indeks Kerawanan Pemilu merupakan media untuk mengetahui sehat atau tidaknya Demokrasi di Indonesia

"Indeks kerawanan pemilu tinggi, Jawa Barat tinggi dan Provinsi Madura ibukota Surabaya tertinggi," ucap Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja dalam sambutan peluncuran indeks kerawanan pemilu dan pemilihan serentak di Jakarta Pusat, Jumat, (16/12/2022).

Indeks Kerawanan Pemilu, kata dia, adalah program prioritas Bawaslu RI yang telah dilakukan sejak lama. "Indeks kerawanan pemilu ini adalah early warning system' untuk pemilu 2024. Kota launcing karena Partai Politik telah ditetapkan untuk Pemilu 2024," ucapnya.

Bagja melanjutkan, adanya Indeks Kerawanan Pemilu ini adalah sebagai salah satu fokus Bawaslu RI untuk melakukan pencegahan dan pengawasan tahapan pemilu. "Kita harap ajang Demokrasi nanti berlangsung kompetitif tapi dengan suasana gembira," katanya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami menekankan pesta demokrasi ke depan tidak lagi ketat dan menggunakan isu yang tifak benar, isu sara dan Black Campaign," ungkap Bagja.

Saat ini, tugas yang masih menjadi pekerjaan rumah penyelenggaraan dan peserta Pemilu adalah menekan politisasi sara dan black campaign.

"Kita cari solusi untuk meredamnya. Kami harapkan bisa menekan politisasi sara. Saya yakin kita bisa sama-sama mengawal 2024 mendatang," tutup dia. 

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone