Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Jadi Ketua Asean 2023, Wamendag Tekankan Integrasi Ekonomi dan Perdagangan

Khairunnisa, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2022 11:03 WIB
https: img.vklogger.com content 2022 12 16 620 2728287 indonesia-jadi-ketua-asean-2023-wamendag-tekankan-integrasi-ekonomi-dan-perdagangan-JoczGRQWne.jpg Wamendag Soal Indonesia Jadi Ketua Asean 2023. (Foto: vklogger.com/Kemendag)

JAKARTA - Indonesia menjadi Ketua ASEAN pada 2023. Sebagai negara terbesar baik secara wilayah, jumlah penduduk dan kekuatan ekonomi, Indonesia akan melanjutkan kerja substantif dalam rangka integrasi ASEAN.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menekankan pentingnya integrasi ekonomi dan perdagangan di ASEAN untuk mengoptimalkan potensi di kawasan tersebut. Menurutnya ini harus diimplementasikan secara nyata untuk mencapai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan yang lebih inklusif.

Baca Juga: Usai Hadiri KTT ASEAN-UE Belgia, Jokowi Tiba di Tanah Air

Perjanjian ASEAN dengan negara-negara lain seperti dalam RCEP dan beberapa negara seperti Korea dan Jepang juga harus dioptimalkan untuk membentuk rantai pasok (supply chain) yang lebih lancar dan integratif. Ini bagi Jerry akan membuat ASEAN makin bertumbuh dan menjadi kawasan produktif dan terkemuka.

"ASEAN terus berkembang dan bertumbuh. Kita bisa memanfaatkan perjanjian di internal ASEAN sendiri maupun dengan mitra-mitra di luar ASEAN agar ekonomi kawasan ini makin kuat," kata Wamendag, Jumat (16/12/2022).

Baca Juga: Jokowi Dorong Kemitraan Asean-Uni Eropa Didasari Kesetaraan

Jerry mengungkapkan, visi Presiden Joko Widodo mengenai pentingnya kolaborasi dalam menghadapi kondisi global pasca pandemi dan dalam kondisi masih terjadinya konflik Rusia-Ukraina.

Menurut Jerry, Presiden selalu menekankan pentingnya komunikasi dan dialog untuk mewujudkan perdamaian dan kerja sama. Jerry sendiri yakin bahwa negara-negara ASEAN berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kultur ASEAN adalah Kultur damai dan dialog. Masih banyak agenda untuk mewujudkan agenda integrasi dan perdagangan ASEAN tapi saya yakin semua negara ASEAN berkomitmen mewujudkan hal tersebut. Inilah salah satunya yang akan terus didorong Indonesia dalam Keketuaan ASEAN khususnya di bidang perdagangan" papar Jerry.

Kepentingan nasional tentu akan menjadi hal utama dalam mendorong integrasi ASEAN. Menurut Wamendag kepentingan nasional itu akan diwujudkan secara riil dalam berbagai sektor perdagangan, khususnya menyangkut kebijakan hilirisasi komoditas, perdagangan jasa, perdagangan produk barus seperti produk digital dan sebagainya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone