Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tindak Lanjuti MoU di KTT G20, Hari Listrik Nasional Fokus di Energi Baru Terbarukan

Khairunnisa, Jurnalis · Selasa 15 November 2022 13:08 WIB
https: img.vklogger.com content 2022 11 15 620 2707842 tindak-lanjuti-mou-di-ktt-g20-hari-listrik-nasional-fokus-di-energi-baru-terbarukan-VE0RhGibWq.jpg Hari Listrik Nasional (Foto: Dokumen PLN)

JAKARTA - Penyelenggaran Hari Listrik Nasional ke-77 akan fokus pada energi baru terbarukan (EBT). Hal ini juga untuk mendukung Net Zero Emission (NZE) pada 2060

“Kiranya dalam kegiatan ini kita mengharapkan banyak diskusi yang kita lakukan dalam konferensi dan eksibisi terkait tindak lanjut-tindak lanjut atas beberapa keputusan-keputusan, beberapa Memorandum of Understanding (Mou) yang ditandatangani pada kegiatan G20,” kata Wakil Ketua Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Chairani Rachmatullah dalam konferensi pers secara virtual seperti dilansir Antara, di Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Baca Juga: Hari Listrik Nasional, Begini Kisah dan Perjalanan Panjang Kelistrikan Indonesia

Dalam kegiatan HLN ke-77 pada 28-29 November 2022 di Jakarta, pihaknya melihat dua hal penting yang bakal dikawal bersama guna membantu pemerintah merealisasikan target net zero emission pada tahun 2060.

Pertama adalah upaya merealisasikan pertambahan pembangkit-pembangkit energi baru terbarukan (EBT) dengan mengoptimalkan sumber daya energi terbarukan di Indonesia sehingga dapat mencapai target EBT 23% di tahun 2025.

Selain penambahan pembangkit baru, hal lain yang dikawal ialah bagaimana memperlakukan pembangkit-pembangkit termal existing yang masih ada, beroperasi dengan baik, dan mempunyai umur ekonomis.

“Tentunya ada intervensi-intervensi yang dapat dilakukan terkait pemenuhan dekarbonisasi,” kata Chairani.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut, konferensi dalam HLN tahun 2022 diharapkan menjadi ajang yang menarik bagi para pelaku industri ketenagalistrikan untuk berkumpul, berdiskusi, mendapatkan insight, kemudian juga menjalin kesepakatan atau kesempatan bisnis dalam rangka mendukung target pemerintah.

“Itu tema besar kita. Ada tema kecil, misalnya mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi dekarbonisasi yang fleksibel untuk stabilitas grid dan banyak tema-tema kecil lainnya,” ucap dia.

Keterlibatan MKI dalam kegiatan HLN dinyatakan sesuai penugasan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT PLN (Persero).

“Ini adalah tahun yang ke-10 kita menyelenggarakan HLN. Kalau dua tahun terakhir kita melaksanakan HLN secara online karena pandemi COVID-19, maka tahun 2022 kita mencoba mengadakan secara offline dengan penjagaan protokol kesehatan yang ketat,” ungkapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone