Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Proyek EBT, PLN Gandeng Perusahaan Energi asal Arab

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 15 November 2022 11:24 WIB
https: img.vklogger.com content 2022 11 15 620 2707731 percepat-proyek-ebt-pln-gandeng-perusahaan-energi-asal-arab-sZhGLlijey.jpg Ilustrasi energi terbarukan. (Foto: Reuters)

JAKARTA - PT PLN (Persero) resmi menggandeng perusahaan energi asal Saudi Arabia ACWA Power untuk mengembangkan energi baru terbarukan (EBT), terutama mengurangi emisi dari sektor kelistrikan.

Kerja sama PLN dengan dengan ACWA Power diwujudkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan Vice Chairman and Chief Executive Officer ACWA Power, Paddy Padmanathan yang disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, dan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Dadan Kusdiana dalam rangkaian ajang KTT G20, di Nusa Dua Bali, Senin (14/11/2022) kemarin.

Pahala mengatakan, penandatanganan MoU ini menjadi jembatan kedua belah pihak untuk memperluas kerja sama pada pengembangan energi bersih.

 BACA JUGA:Bahas Kebijakan EBT, Luhut Janji Tak Rugikan Anak Cucu Indonesia

Hal ini sejalan dengan langkah pemerintah mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang.

"Kerja sama ini merupakan langkah strategis kedua pihak untuk mencapai cita cita dunia dalam mengurangi emisi karbon. Ke Depan kedua belah pihak bisa menjajaki kerja sama tidak hanya untuk kelistrikan, tetapi juga di luar kelistrikan ini termasuk pengembangan hidrogen," kata Pahala, Selasa (15/11/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

Senada, Darmawan mencatat dalam menangani perubahan iklim bukan hanya menjadi tantangan untuk menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga menjadi peluang bisnis PLN.

Ke depan, akan ada banyak agenda PLN dalam transisi energi yang membutuhkan kolaborasi semua pihak.

"ACWA Power dan PLN telah membangun kerja sama yang sangat kuat, berjangka panjang, dan produktif," tutur Darmawan.

Adapun proyek EBT yang dijajaki PLN dan ACWA diantaranya photovoltaic surya, angin, hydro, pump storage, battery peaker, battery storage, pasang surut, dan panas bumi. Bahkan, keduanya akan bersama-sama mengembangkan fasilitas green hidrogen dan Green amonia.

"ACWA Power mendukung PLN di Indonesia dengan melakukan kolaborasi strategi, teknologi dan investasi," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone