Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Forum R-20 NU Dibuka, Jokowi Jelaskan Peranan Tokoh Agama Sukseskan Program Pemerintah

Widya Michella, Jurnalis · Rabu 02 November 2022 10:55 WIB
https: img.vklogger.com content 2022 11 02 620 2699228 forum-r-20-nu-dibuka-jokowi-jelaskan-peranan-tokoh-agama-sukseskan-program-pemerintah-jxQKOov06I.jpg Presiden Indonesia Joko Widodo/ Foto: Biro Setpres

BALI - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyebut forum dialog para pemimpin agama atau dikenal Religion of Twenty (R20) dapat menjadi wadah belajarnya tokoh agama untuk mengenal agama lainnya. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan secara virtual, dalam pembukaan R20 di Nusa Dua, Bali, Rabu, (02/11/2022).

"Kehadiran bapak dan ibu di forum R20 ini sangat membanggakan kami, Indonesia ingin belajar kepada bapak ibu sekalian yang hadir dari berbagai negara. Kami rakyat Indonesia juga siap berbagai pengetahuan dan pengalaman," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia berpenduduk lebih dari 275 juta jiwa yang terdiri atas 714 suku, lebih 1.100 bahasa lokal yang memeluk 6 agama yang berbeda. Jokowi menyebut Indonesia merupakan negara yang sangat majemuk dalam suku, bahasa, dan agama, tapi tetap dipersatukan oleh ideologi negara yaitu Pancasila.

"Kami dipersatukan oleh toleransi dan persatuan yaitu bhinneka tunggal ika unity in diversity," ujar dia.

Bahkan tokoh-tokoh agama yang berbeda, lanjut nya telah menjadi bagian utama dari perjuangan kemerdekaan dab mempersatukan Indonesia pada tahun 1945. Tokoh-tokoh agama yang berbeda itu juga dinilai sangat menjadi penting guna mensukseskan program program pembangunan pemerintah.

"Keberhasilan Indonesia saat ini termasuk dalam penangan covid 19 juga berkat kontribusi tokoh-tokoh agama. masjid, gereja, pure, vihara, klenteng telah menjadi pusat literasi masyarakat di berbagai bidang, gotong royong, lintas tokoh agama juga menjadi kebanggaan Indonesia," ujarnya.

Dengan demikian, dia meminta kepada para tokoh agama dari berbagai agama dan berbagai negara untuk bekerjasama untuk meningkatkan kontribusi agama dalam menyelesaikan masalah-masalah dunia. Terutama dalam mengurangi rivalitas dan menghentikan perang demi dunia yang damai, dunia yang bersatu dan untuk mewariskan kebaikan bagi generasi mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

"Selamat mengikuti konferensi R20. semoga berhasil membangun kesepahaman dan kesepakatan serta menyepakati langkah-langkah konkret agar agama berkontribusi yg lebih besar terhadap peradaban dan untuk kemanusiaan serta demi dunia yang lebih membahagiakan untuk semuanya," tuturnya.

Sebagai https://www.okezone.com//tren/read/2022/11/02/620/2699228/forum-r-20-nu-dibuka-jokowi-jelaskan-peranan-tokoh-agama-sukseskan-program-pemerintah, Forum keagamaan yang diinisiasi oleh Ketum PBNU, Yahya Cholil Staquf ini dihadiri sebanyak 32 negara dengan 464 partisipan ini. Pertemuan ini turut menghadirkan 40 pembicara dari lima benua salah satunya adalah Sri Paus Fransiskus yang memberikan pandangannya secara virtual dari Vatikan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Daftar Partner Kami
Antara News
Viva
Liputan 6
Kompasiana
OkeZone